Senin, 12 Maret 2018

PENGRAJIN=PESULAP #2

Dlingo adalah salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul DIY. Secara geografis Dlingo terletak di Kabupaten Bantul paling timur, berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul dengan wilayah yang berbukit bukit. potensi yang ada di Kecamatan Dlingo adalah pada sektor industri kayu, anyaman, dan potensi wisata bentang alam berupa pegunungan. Diantaranya adalah air terjun,bentangan Alam persawahan,hutan pinus,dan kebun buah (wikipedia,2016), selain menyuguhkan pemandangan alam yang menarik sehingga menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Bantul, Dlingo juga memiliki potensi di bidang kerajinan.

Salah satu pengrajin yang bernama KARYADI yang berasal dari desa Karangasem Muntuk Dlingo memanfaatkan pohon bambu yang ada disekitar rumahnya untuk  dibuat  menjadi barang-barang rumah tangga yang bernilai guna tinggi. Bambu tersebut di potong potong kemudian di anyam sehingga menjadi berbagai bentuk alat rumah tangga.
Berikut ini adalah beberapa hasil kerajinan bambu yang merupakan hasil kreatifitas dari bapak Karyadi : 


tempat tissu dari bambu

piring bambu berbentuk oval 

piring bambu berbentuk bulat

tudung saji 1 set (3 ukuran) 
barang-barang tersebut sekilas memang tampak sederhana,namun proses pembuatannya agak rumit. barang-barang tersebut di atas dibrandrol dengan harga 2500-55.000, sangat terjangkau sekali. 
apabila ada yang berminat silahkan hubungi no wa : 082223232221 (Karyadi) atau menghubungi nomor 0895603385435 ( admin showroom dekranasda kabupaten Bantul)

1 komentar: